Rabu, 13 November 2013

Sejarah Web Browser


Sejarah dan Perkembangan Web Browser


1.Mozilla firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan clientMozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
e-mail
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browserbrowser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.

2.Google Chrome
SEJARAH SINGKAT GOOGLE CHROME
Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.

3.internet explorer
Web browser yang satu ini pada satu masa pernah menjadi sumber derita para web developer. Dia pada satu masa pernah menjadi pemenang perperangan browser. Dia merupakan salah satu peserta utama dalam sejarah perkembangan internet dan web browser. Segala kekurangan dan kelebihannya walaupun disukai atau dibenci, dia merupakan satu tonggak penting dalam dunia Internet. Dia adalah Internet Explorer.
Jika ingin membahas sejarah dari Internet Explorer maka tidak akan terlepas dari browser Mosaic dari perusahaan Spyglass. Spyglass didirikan pada tahun 1990. Pada tahun 1994, mereka melisensikan browser Mosaic dari NCSA. NCSA yang kepanjangannya dari National Center for Supercomputing Applications adalah sebuah bentuk kerja sama antar negara bagian dan federal Amerika guna pengembangan infrastruktur cyber skala nasional. Di NCSA inilah Marc Andreessen dan Eric Bina merupakan orang yang pertama-tama mendesain Mosaic.
Marc Andreessen belakangan kemudian keluar dari NCSA dan mendirikan Mosaic Communication Corporation yang berubah nama menjadi Netscape Communications Corporation dan terakhir Netscape Navigator. Spyglass kemudian mengambil lisensi Mosaic dari NCSA (itulah mengapa Andreessen harus merubah nama perusahaan menjadi Netscape supaya tidak konflik). Spyglass tidak memanfaatkan coding Mosaic malah mereka menulis ulang coding karena code dari NCSA berbeda-beda untuk setiap platform (UNIX, Windows dan Mac OS) yang kemudian dari pihak Spyglass disamakan semuanya.
Pada tahun 1994, Microsoft mulai menyadari bahwa pangsa pasar di browser sangat besar dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tetapi mereka tidak ingin menghabiskan waktu untuk menulis code dari nol. Oleh karena itu mereka berinisiatif mencari Netscape untuk meminta lisensi browser Netscape Navigator, yang sayangnya ditolak. Akhirnya Microsoft pun menemui Spyglass dan membeli lisensi Mosaic pada tahun 1995. Dengan melakukan modifikasi sana sini, akhirnya lahirlah Internet Explorer 1.0 sebagai add-on di Windows 95 paket Microsoft Plus! pada bulan Agustus 1995.
Tidak lama beberapa bulan kemudian pada awal 1996 Internet Explorer versi 2 muncul. Versi ini memiliki improvisasi internal seperti hadirnya dukungan SSL, HTTP cookie, mendukung HTML table dan frames. Lalu dilanjutkan versi 3 pada tanggal 13 Agustus 1996. Versi 3 dari IE merupakan browser komersial pertama yang menggunakan CCS. IE 3 sudah tidak memanfaatkan code dari Spyglass, hanya saja karena masih menggunakan teknologinya maka di bagian informasi lisensi IE masih terdapat nama Spyglass. Dengan browser versi inilah Microsoft mulai mengancam Netscape walaupun tidak menguasai jumlah pasar yang signifikan.
Internet Explorer 4 dirilis pada September 1997. Browser ini merupakan peserta utama dalam perperangan browser pertama. Selain itu, browser ini juga merupakan awal kasus pengadilan yang terkenal dengan nama Microsoft versus Amerika Serikat karena cara Microsoft dalam membundel nya yang memaksa pengguna Windows harus memiliki Internet Explorer. Engine Trident diperkenalkan di sini. Beberapa fitur yang diperkenalkan adalah Dynamic HTML dan Favicon. Internet Explorer 5 muncul di pasaran pada bulan Maret 1999. Perperangan browser antar IE dengan Netscape masih berlanjut. Kasus pengadilan pun tetap berjalan. Fitur utama yang terlihat jelas sudah ada Search Bar, Favourites, AutoComplete, integrasi dengan Hotmail.

4.Opera Mini
Sejarah Opera
Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup tersebut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar dan yang lainnya.
Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat browsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit "nakal" karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

5.Safari
Sejarah Apple Safari browser
Sampai tahun 1997, Apple Macintosh komputer telah dikirimkan dengan Netscape Navigator saja. Internet Explorer untuk Mac kemudian disertakan dengan Mac OS 8,1 dan seterusnya sebagai default web browser, sebagai bagian dari lima tahun perjanjian antara Apple dan Microsoft. Namun, Netscape Navigator lanjutan untuk disertakan. Microsoft merilis tiga besar versi Internet Explorer untuk Mac yang digabungkan dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9. Microsoft selanjutnya merilis Mac OS X edisi Internet Explorer 5, yang dimasukkan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4 sampai Mac OS X v10.2.
Pada tanggal 7 Januari, 2003, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah dikembangkan sendiri web berdasarkan KHTML rendering mesin, yang dinamakan Safari. Mereka merilis versi beta pertama pada hari itu dan sejumlah resmi dan tidak resmi versi beta diikuti, sampai versi 1,0 dirilis pada 23 Juni 2003. Tersedia sebagai download terpisah pada awalnya, ia disertakan dengan Mac OS X v10.3 rilis pada 24 Oktober 2003, sebagai default browser, dengan Internet Explorer untuk Mac disertakan hanya sebagai alternatif browser. Sejak rilis Mac OS X v10.4 pada 29 April 2005, Safari adalah satu-satunya web browser disertakan dengan sistem operasi.
Pada bulan Juni 2005, setelah beberapa kritikan dari KHTML pengembang atas kurangnya akses untuk mengubah log, Apple pindah pengembangan sumber dan kode pelacakan bug dari WebCore dan JavaScriptCore ke OpenDarwin.org. WebKit sendiri juga dirilis sebagai open source. Kode sumber untuk non-renderer aspek browser, seperti GUI elemen, tetap eksklusif.
Dari Safari versi 2.0, dirilis pada 29 April 2005 dan berjalan hanya pada Mac OS X 10.4.x (Tiger) atau yang lebih baru, versi ini adalah sebagai touted oleh Apple yang memiliki kecepatan 1,8 kali lebih meningkatkan versi 1.2.4.
Pada bulan April 2005, Dave Hyatt, salah satu pengembang di Apple Safari, didokumentasikan nya kemajuan fixing bug di Safari mendapatkannya untuk lulus tes Acid2. Pada tanggal 27 April 2005, ia mengumumkan bahwa pembangunan Safari versi sekarang lulus tes, sehingga web browser pertama untuk melakukannya. Perubahan yang awalnya tidak tersedia bagi pengguna akhir, kecuali mereka-download dan dikompilasi dengan sumber WebKit kode berlari sendiri atau salah satu malam otomatis membangun tersedia di opendarwin.org. Namun pada 31 Oktober 2005, Apple merilis versi 2.0.2 dari Safari yang meliputi perbaikan bug Acid2.
Pada tanggal 9 Januari 2007, secara resmi mengumumkan Jobs dari Apple iPhone, yang menggunakan sebuah versi yang dikenal sebagai browser Safari MobileSafari. Sekarang ini memiliki mesin yang sama javascript (Nitro) sebagai desktop di banding hanya 3,0 iPhone.
                                                                                                               
6.Avant Browser
Terinspirasi dari Opera, yang lebih dulu konsep interface dokumen yang banyak menyatukan layout mesin yang digunakan IE, tujuannya adalah mengikuti Ergonomis-nya. Opera pertama muncul dengan nama IEOpera, kemudian berubah karena isu merk dagang perkembangan ditambahkan penahan pop-up, server iklan, dan 1 klik yang dapat melumpuhkan keamanan, seperti ActiveX, Java, dan Script Search Engine Standar, bukan Google, tetapi seperti Yahoo!, yang selanjutnya diberi nama Avantfind. Komunitas dari Avant Browser ini telah menciptakan tools lain dan ekstensinya, termasuk file registry yang memperbolehkan menggunakan batang informasi dan peningkatan keamanan lain bagi Windows XP SP2.

7.Deepnet Explorer
Deepnet Explorer, browser pertama dunia dengan pembaca berita RSS, integrasi klien P2P dan alarm phishing. browser unggul The keamanan , fungsi dan kegunaan , masih membuat Deepnet berdiri keluar dari keramaian. Beralih sekarang untuk pengalaman browsing seperti sebelumnya.
AntiPhishing solusi ini didukung oleh teknologi unik Inspeksi Perilaku yang menggunakan mesin
prediksi yang mendeteksi situs-situs phishing baru secara real time, tidak seperti solusi lain di pasaran yang mengandalkan daftar hitam situs phishing diketahui.
Anda akan diberitahu secara otomatis bila perangkat lunak mendeteksi sebuah website berpotensi penipuan. Warna peringatan kode akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah menilai skala dari setiap risiko yang diidentifikasi. Anda juga dapat menemukan rincian kepemilikan situs dan lokasi geografis yang akan membantu Anda menentukan apakah situs tersebut aman atau tidak.
Deepnet Explorer telah mengembangkan fitur yang disebut Quick search, membuat cara mencari browsing sementara bahkan lebih efisien. Pada dasarnya, dapat dengan mudah mencari istilah dalam halaman yang di kunjungi, dalam mesin pencari default, atau dapat pergi langsung ke halaman jika pencarian adalah Kata Kunci Internet. Hal ini mudah digunakan dengan segera setelah menekan tombol apa saja, kotak pencarian ditampilkan di bagian bawah halaman.

8.Seamonkey
SeaMonkey atau lengkapnya Mozilla SeaMonkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan html (hyper text mark-up language). Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar). SeaMonkey merupakan peranhkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross-platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).
Sejarah
Tanggal 10 Maret 2005, Mozilla Foundation (Yayasan Mozilla) mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengeluarkan versi resmi baru Mozilla Application Suite setelah versi 1.7.x, karena mereka akan lebih memfoukuskan diri pada pengembangan aplikasi-aplikasi internet yang terpisah yaitu Firefox dan Thunderbird. Akan tetapi, yayasan menegaskan bahwa mereka akan membantu menyediakan infrastruktur yang diperlukan oleh kelompok yang ingin melanjutkan pengembangannya. Artinya internet suite tersebut akan terus dikembangkan namun bkan lagi di bawah kendali Mozilla Foundation tetapi oleh SeaMonkey Council. SeaMonkey 1.0 dirilis tanggal 30 Januari 2012.

9.Flock
Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta. Dukungan untuk browser Flock akan dihentikan secara resmi pada 26 April 2011. Flock dapat diunduh secara gratis, dan mendukung platform Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

10.Wyzo
Perkembangan dunia internet memang tidak dapat dibendung, untuk menjelajahi dunia internet diperlukan aplikasi browser yang sudah harus terpasang pada komputer all friends. Aplikasi browser pun juga banyak macamnya dan mempunyai keunikan fitur tersendiri. Saat ini ada browser pendatang baru yang menawarkan banyak kelebihan yang semua gratis, browser yang dimaksud adalah Wyzo. Browser Wyzo sengaja dirancang sebagai “browser media” oleh perancangnya. Hal ini bisa dilihat dari fitur-fitur yang ditawarkan. Salah satu fitur unggulan Wyzo adalah dukungan terhadap torrent. Bagi yang sering mendowload file torrent dengan browser lain, maka harus menginstal dulu aplikasi BitTorrent Client atau sejenisnya, bukan ?. Tetapi jika menggunakan Wyzo, cukup mengklik file torrent yang akan didownload, selanjutnya browser ini akan mengatur proses downloadnya. Hebat bukan ? Fitur lain yang terinstal adalah “customizable start page” yang bisa melakukan pencarian pada 33 search engine yang berbeda, dan tentunya juga terapasang beberapa fitur security. Beberapa pengguna menyebutkan bahwa browser ini hampir setara dengan Firefox, sehingga jangan ragu lagi menginstal browser ini pada komputer all friends. Saat ini bisa versi Windows dan Mac saja yang bisa didownload, dan versi Linux masih menunggu hitungan waktu saja. Beberapa fitur dari Wyzo: Supercharged Downloads Download lebih cepat! Wyzo menggabungkan multi-sumber sedapat mungkin men-download secara signifikan mempercepat download web Anda - keterlaluan mereka downloads! Brand New Theme Semakin banyak aplikasi yang menggunakan browser, jadi kami telah memberikan tema kita perombakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Sifat Cahaya tema membuatnya lebih mudah pada mata! BitTorrent Integration Men-download file BitTorrent belum pernah lebih mudah - Wyzo memungkinkan Anda mencari dan men-download torrents kanan dari dalam lingkungan surfing Anda - thats right, tidak ada perangkat lunak lain yang diperlukan! Quick Switch Tabs Cepat switching membuat lebih mudah bagi Anda untuk beralih di antara tab yang aktif. Sekarang, cukup menekan Ctrl + Tab menyajikan Anda dengan sangat visual, intuitif format tab switching. CoolIris - Cinematic Web Mengubah browser Anda kilat cepat, sinematik cara untuk menemukan web. Menonton film favorit Anda, acara TV, musik video YouTube dalam browser web Anda! Mouse Gestures Dengan gerakan mouse, sekarang Anda bisa menjalankan berbagai perintah dan script pengguna dengan lima jenis gerakan. Tarik, gulir dan klik jalan-jalan di web dengan mudah! New Browser Engine Wyzo dibangun di atas teknologi Mozilla terbaru. Cepat, kaya fitur, aman dan handal - Wyzo akan membantu Anda menyadari potensi sesungguhnya dari web, repot-free! Improved Security Wyzo mendukung browsing yang lebih aman lingkungan. Dengan lebih menekankan ditempatkan pada kepercayaan dan keamanan di Internet, Wyzo memberikan yang aman, lingkungan aman browsing.

11.Lunascape
Sejarah
Lunascape berasal dari Jepang, sama seperti Sleipnir yang sebelumnya sudah dibahas oleh sushi, tapi Sleipnir hanya menggunakan engine tunggal yaitu Trident. Lunascape pertama kali dikembangkan oleh Hidekazu Kondo dan sekarang beliau telah menjadi CEO di Lunascape co., LTD.. Perusahaan ini berlokasi di kota Tokyo dan usahanya berfokus pada pengembangan web browser, termasuk web browser Lunascape versi mobile untuk sistem operasi Windows Mobile 5.0/6.0. Pada tanggal 17 Juni 2008 Lunascape telah mengumumkan pembukaan kantor cabang di USA tepatnya berlokasi di Silicon Valley untuk mempromosikan browser mereka lebih luas lagi, mengikuti jejak Fenrir sebagai pengembang browser Sleipnir yang sudah terlebih dahulu merambah pasar internasional. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dengan bahasa yang dipakai, karena sudah mendukung bahasa Inggris selain bahasa Jepang.
Versi uji Release: Lunascape 6.0
Produk Lunascape 6 ORION dirilis dalam versi uji. Untuk bahasa Inggris dan Jepang itu beta, dan untuk bahasa lain, versi alpha tersedia untuk di-download.
Dengan versi ini, Lunascape melampaui Engine Triple dan menambahkan Triple Add-on dukungan, mencapai tingkat terbesar diperpanjang dan fleksibilitas antara browser Web. Banyak dari Anda telah meminta untuk kompatibilitas dengan Firefox add-ons dan sekarang Anda memilikinya! Anda sekarang dapat menggunakan array yang luas add-ons untuk Firefox di samping IE add-ons dan plug-in Lunascape, dalam satu platform. Mentransfer ada Firefox add-ons mudah dan menambahkan yang baru untuk Lunascape yang intuitif. Dan kami telah menambahkan cerdas add-on organizer sebagai “toolbar tokek” sehingga Anda dapat mengelola pengaya mudah dengan tanpa kekacauan.

12.Amaya
Amaya adalah sebuah penjelajah web bebas dan sumber terbuka yang dibuat olen sebuah proyek penyunting terstruktur pada INRIA, sebuah institusi riset nasional Perancis, dan kemudian diadopsi oleh World Wide Web Consortium (W3C), organisasi standar internasional utama untuk World Wide Web. Penjelajah ini tersedia dalam Unix, Linux, Microsoft Windows, Mac OS X, dan sejumlah platform lainnya. Rilis terakhir adalah Amaya 9.55, yang dirilis pada 10 Juli 2007.

13.Netscape
Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. Versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center Of Supercomputing Aplication di Urbana Champaign.
Netscape navigator dapat digunakan untuk mengunjungi world wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.
Netscape navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam flatform windows 16-bit ( Win 16 ), windows 32-bit ( Win 32 ), UNIX, serta Macintosh.
Netscape navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber mosaic web browser dari National Center Supercomputing Aplications ( NCSA ), karena memang pembuatan NCSA ( Marc Andressen ) adalah pendiri netscape corpetation. Selain tersedia dalam bentuk netscape navigator, netscape juga mengeluarkan paket suite internet, yang disebut sebagai netscape communicator, yang menggabungkan navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Kelebihan :
-          Stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload, dan downloadØ
-          Netscape navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila FireFox.
Kekurangan :
 - Tampilan GUI ( Grapical User Interface ) kurang bagus atau kasar.

14.SILVER LIGHT
Microsoft silver light adalah sebuah kerangka aplikasi untuk menulis dan menjalankan aplikasi internet kaya, dengan fitur dan tujuan mirip dengan Adobe Flash. Lingkungan run – time untuk silver light tersedia sebagai dukungan pengembangan plug – in untuk browser web yng berjalan di bawah Microsoft Windows dan Mac OS X. sementara versi awal silver light difokuskan pada media straming, versi saat ini dukungan multimedia, grafis dan animasi, dan memberikan untuk CLI bahasa dan alat – alat pembangunan. Silver light adalah juga salah satu dari dua platform pengembangan aplikasi untuk windows phone.
Selama sekita 5 tahun Microsoft telah merilis 5 versi : versi pertama dirilis pada tahun 2007, versi terbaru dirilis pada tanggal 9 Desember 2011. Hal ini kompatibel dengan beberapa web browser yang digunakan pada Microsoft Windows dan Mac OS X system operasi.
Sebuah implementasi software gratis bernama moonlight, yang dikembangkan oleh Novell dalam kerjasama dengan Microsoft, tersedia untuk membaw versi silver light 1 dan 2 fungsi untuk Linux, FreeBSD, dan lainnya platform open source – meskipun beberapa distribusi Linux tidak menyertakannya, mengutip redistribusi dan kekhawatiran paten.
Kelebihan :
-          Silver Light mencakupØ subset dari teknologi Windows Presentation Fuundation ( WPF ), yang sangat memperluas elemen dalam browser untuk membuat UI. WPF memungkinkan anda membuat immersive gratis, animasi, media, dan fitur lainnya klien kaya, memperpanjang browser berbasis UI melampaui apa yang tersedia dengan HTML saja.
-           Silver Light menyediakan ekstensiØ untuk bahasa scripting browser yang universal yang memberika control atas UI browser, termasuk kemampuan untuk bekerja dengan elemen WPF.
-          Silver Light diintegrasikan dengan Java Script yang ada dan ASP.NET AJAX kode untuk melengkapi fungsi yang telah anda buat.Ø
-          Jaringan dukungan. Silver Light termasuk dukungan untuk HTTP melalui TCP. Anda dapat terhubung ke WCF, SOAP, atau ASP. NET AJAX layanan dan menerima XML, JSON atau data RSS.
Kekurangan :
 - Kekurangan Silver Light hanya satu adalah bahwa klien perlu menginstal runtime siver light.

15.K – MELEON
K – Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bis dating dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkostumise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.
Kelebihan :
-          Lebih simple
-          Lebih ringan
-          Tanpa bermacam – macam plugin maupun add – ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya. Selain itu, cepat dan ringan, tidak memakan resource yang banyak. Fitur – fiturnya juga cukup bagus
Kekurangan :
-          Kurang cocok untuk membuka facebook, aka nada peringatan bahwa versi browser yang digunakan vesi lama ( padahal yang dipakai adalah k – meleon terbaru )
-          Agak repot untuk menambahkan plugin / add onØ jika dibandingkan dengan firefox, walaupun sudah ada beberapa plugin yang terpasang secara default.
-          Untuk menambah / menutup tab perlu beberapa kali klik mouse, walaupun masih bisa juga dengan shortcut keyboard.

16.Midori
Midori adalah browser GTK berdasarkan WebKit. Ini trek versi latests dari WebKit sangat erat, sehingga Anda selalu memiliki versi segar. Midori sangat ringan dan cepat, tetapi masih memiliki banyak fitur termasuk ekstensi seperti memblokir iklan dan script pengguna. Midori adalah luar biasa cepat dan dapat berguna untuk situs seperti Facebook yang cenderung melambat Firefox.

Tidak ada komentar: